LOGO HEADER0

  • 4328 AssalamuAlaikumWr Wb
    Salam Sejahtera
    Om SuwastiAstu
    Dan Salam Kebajikan Untuk Kita Semua.

    Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas limpahan berkat dan rahmatnya sehingga

    Read More
  • Bebas biaya perkara bagi yang tidak mampu. Anda yang kurang mampu berhak mendapatkan layanan bantuan hukum secara cuma-cuma. Gunakan hak anda untuk memanfaatkan POSBAKUM Read More
  • e-Court Corner

    e-Court Corner

    Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. Read More
  • ERATERANG / Surat Keterangan Elektronik adalah produk terbaru dari DIRJEN Badan Peradilan Umum, dan berlaku di semua Pengadilan Negeri Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
    oca
ecourtpnblk eraterangpnblk sipppnblk jadwalsidangpnWTP tilangpnWTP
         
    PROSEDURBARU
biaya perkara perdata permohonan informasi

 

prosedur pengaduan
 

 

prosedur gugatan sederhana 

 

prosedur mediasi
 

 

prosedur bantuan hukum
 

Tue20Oct2020

PN Watampone Mengikuti Pembinaan, Pengawasan, dan Surveilance oleh Pengadilan Tinggi Makassar

Pengadilan Tinggi Makassar melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Negeri wilayah hukumnya melalui telekonferens, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2020. Pembinaan dan pengawasan melalui telekonferens ini dilatarbelakangi pada arahan dalam pidato Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 tanggal 12 Mei 2020 dan pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum melalui telekonferens tanggal 20 Mei 2020, bahwa akan mengintensifkan fungsi Pengadilan Tingkat Banding sebagai kawal depan (voorpost) Mahkamah Agung untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Tingkat Pertama dibawahnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam situasi masa pandemi COVID-19 ini untuk pelaksanaan pembinaan dan pengawasannya diefektifkan melalui telekonferens.

Pengadilan Negeri Watampone mendapat giliran Pembinaan dan Pengawasan pada hari kedua, Rabu 21 Oktober 2020. Acara ini dilaksanakan di Ruang Teleconference dan Audio Visual dan dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Sekretaris, Panitera, Kasub, Panmud, Panitera Pengganti, dan Juru Sita Pengadilan Negeri Watampone.

WhatsApp Image 2020 10 22 at 60011 PM1

 Acara dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Makassar dalam pembinaannya, dalam posisi juga selaku koordinator pengawasan, Quality Management Representative Akreditasi Penjaminan Mutu dan Ketua Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas menyampaikan untuk memperhatikan kedisiplinan pengisian aplikasi Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) nya dengan memonitor melalui aplikasi Management Information System (MIS) SIPP, penyampaian laporan hasil pengawasan bidangnya secara berkala dan berjenjang, tetap mempertahankan sistem dan pola kerja diterapkan dalam Akreditasi Penjaminan Mutu, dan tetap menjaga zona integritas baik secara personal aparaturnya maupun lingkungan kerjanya. Juga untuk diperhatikan penyerapan anggarannya agar dikelola tepat guna dan tepat sasaran.

WhatsApp Image 2020 10 22 at 60011 PM3

 Acara dilanjutkan dengan Pengawasan dan Surveilance yang dilaksanakan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah untuk Pengadilan Negeri Watampone. Dalam kesempatan ini Hakim Tinggi Pengawas Daerah melakukan pengawasan tentang tertib administrasi perkara pada SIPP, melihat temuan yang ada pada MIS Pengadilan Negeri Watampone dan meminta agar perkara yang belum terselesaikan agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan agenda. Pengawasan selanjutnya dilakukan pada Laporan dan Transparansi pada Pengadilan Negeri Watampone yang dinilai sudah cukup lengkap. Hakim Pengawas Daerah meminta agar Pengadilan Negeri Watampone agar senantiasa meningkatkan kinerja baik dalam segi PTSP maupun tertib persidangan.

WhatsApp Image 2020 10 22 at 60011 PM2

Acara dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Bapak Dr. Syahrial Sidik, S.H., M.H yang menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas aparatur peradilan di wilayah Pengadilan Tinggi Makassar senantiasa menjaga kedisiplinan (PERMA No. 7, 8 dan 9 Tahun 2016, PP No. 53 Tahun 2010 dan SK KMA No. 071 Tahun 2008 jo. SK KMA No 069 Tahun 2009 serta Maklumat KMA No. 1 Tahun 2017) dengan moral akhlak dan moral kinerja sehingga dapat dikatakan sebagai pemimpin dan aparatur berkinerja yang baik. Selanjutnya dikatakan bahwa terkait pelaksanaan tugas persidangan dan penyelesaian perkara di masa kondisi pandemi COVID-19, selain tetap berpedoman pada ketentuan PERMA dan SEMA yang telah ditetapkan dapat dilakukan persidangan secara telekonferens dengan berpedoman pada Surat Perjanjian Kerja Sama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 402/DJU/HM.01.1/4/2020; Nomor KEP-17/E/Ejp/04/2020; Nomor PAS-08.HH.05.05 Tahun 2020 tanggal 13 April 2020 namun dengan cermat untuk melihat sikap batin dari terdakwa yang disidangkan, dan agar terkoordinasi dengan baik maka setiap Hakim wajib untuk membuat court calender.

Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Bapak Dr. Syahrial Sidik, S.H., M.H juga menyampaikan bahwa penyelesaian pemberkasan upaya hukum Banding maupun Kasasi harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sesuai SEMA.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Bapak Dr. Syahrial Sidik, S.H., M.H menyampaikan materi tentang Peningkatan Manajemen Peradilan Dalam Rangka Mewujudkan Peradilan yang agung sesuai dengan Tujuan Organisasi Mahkamah Agung untuk menjadi Badan Peradilan Yang Agung melalui menjaga kemandirian, melaksanakan pelayanan berkeadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan, serta kredibel dan transparan. Manajemen Peradilan yang harus senantiasa ditingkatkan meliputi Manajemen Perkara, Manajemen Persidangan, Manajemen Kearsipan, Manajemen Administrasi Umum, serta Manajemen Pengawasan.

Di akhir pembinaan, Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Bapak Dr. Syahrial Sidik, S.H., M.H menyampaikan dan menegaskan tentang tata cara Eksekusi Perkara Perdata agar dilaksanakan dengan sebaik baiknya.

 

siwas

dirput

PENGADILAN NEGERI WATAMPONE

alamat Jl. MT. Haryono Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan

telepon Telepon/ Fax (0481) 21014 / 21243

email E-mail : pengadilannegeriwatampone@gmail.com / pn.watampone@ymail.com

Help Desk